Oct 17, 2009

Hati-Hati dengan SMADAV



Sebelumnya saya minta maaf untuk pihak SMADAV, bukan bermaksud apa-apa, pada post ini saya cuman ingin memperingatkan kepada netter sekalian tentang satu hal yang kemarin saya temukan dan itu mengganggu sekali buat saya.
SMADAV adalah anti virus lokal yang saya rasa sangat sakti, karena sekarang saya udah tidak begitu pusing lagi berurusan dengan virus di kantor terutama untuk virus lokal. Sekarang semua komputer yang saya pegang di kantor hanya saya pasang AVG yang versi internet security sama SMADAV, dan hasilnya Alhamdulillah udah gak pernah lagi di ributkan oleh permintaan-permintaan aneh seperti gak bisa mbuka file MS Word, atau ketika mbuka file MS Word malah komputer restart dsb.
Tetapi dengan kesaktian SMADAV ternyata saya menemukan hal yang menjengkelkan. Entah ini benar atau tidak, SMADAV secara langsung akan mendelete file atau direktori dengan status hidden pada sebuah drive ketika kita meng-click Fix all. Nah..... hal yang menjengkelkan adalah ketika kemarin saya mengkoneksikan Nokia N78 saya ke komputer dengan mode "Mass Storage", SMADAV secara otomatis men-scan semua file di MicroSD, dan SMADAV menginformasikan ditemukan beberapa file hidded dan tombol Fix All aktif. Pada saat itu saya hanya berpikir, ah.... masa nich Nokia kena virus?, perasaan gak pernah di colok kemana-mana dech!!!!. Tetapi saya anggap, pasti orang yang bikin SMADAV lebih pintar dari saya, jadi langsung saya click Fix All. Bener SMADAV menginformasikan bahwa MicorSD dalam kondisi sehat. Tetapi ternyata satu hal terjadi, pada saat saya memutuskan koneksi ke komputer, Nokia N78 saya mulai berjalan lambat dan tidak normal. Dan hal yang cukup kacau adalah Carbide.C++ saya tidak pernah bisa lagi melakukan On Device Debugging, dah... runyam nich urusan sampe disini. Akhirnya tanpa berpikir panjang, saya backup semua data yang ada di MicroSD trus saya format MicroSD + format Nokia N78 saya. Abis itu baru pasang aplikasi-aplikasi penting yang biasa saya pakai di Nokia N78, baru semua bisa berjalan normal seperti biasa.
Nich.... buat yang punya Nokia N78 khususnya atau Handphone dengan Symbian S60 pada umumnya, kalau menginstall SMADAV mungkin akan lebih baik mendisable dulu option otomatis scan FlashDisk sebelum mencolok Handphone ke komputer, sebelum kejadian seperti saya terjadi pada netter sekalian. Kalau saya sih... no problem, wong Nokia N78 saya hanya sarana saya untuk belajar symbian, tetapi kalau yang buat dipakai sehari-hari bisa runyam karena pasti harus balikin tuh MicroSD ke Nokia Sevice Center, karena ternyata setelah saya cek lagi file-file hiden yang terbuang itu banyak file penting bagi symbian, dan kalau ternyata netter juga malakukan langkah formating MicroSD, hehehe.... paling tidak Nokia MAP pasti gak jalan. Eh... tapi santai kalau Nokia MAP kamu gak jalan karena terkena langkah formating, tinggal colok Nokia N78 kamu sebagai Mass Storage, trus konekin Komputer ke Internet, dan download lagi dech Map-Map yang kamu butuhkan. Tetapi kalau kamu belum pernah melakukan update firmware dan juga Nokia MAP, PC Suite akan menginformasikan untuk segera mengupdate software N78 kamu.

Trus.... coba mengenali bener karakter dari file-file di MicroSD agar tidak salah hapus.
Saya rasa cukup sekian semoga bisa menjadikan periksa.
Powered by Blogger.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search